Tugas Vlog Pembatik Level 4 Tahun 2022 | Teknologi Membantu Bangkit Dari Learning Loss ( Kehilangan Pembelajaran )

 (Vlog Pembatik Level 4 Tahun 2022 )

Salam Rumah Belajar, 
Teknologi Membantu Bangkit dari Learning Loss

Pandemi Covid 19 selama 2 tahun menyebabkan pembelajaran dilaksanakan secara online tanpa ada tatap muka dengan guru disekolah. Hal ini tentu saja tidak efektif dalam proses belajar mengajar karena tidak semua peserta didik memiliki jaringan  dan perangkat yang bagus. Tidak adanya bimbingan langsung secara tatap muka kepada peserta didik didalam memotivasi meningkatkan prestasi belajar dan karakter peserta didik. Setelah 2 tahun berlalu covid, Guru-guru harus berjuang keras dalam memulihkan karakter, kompetensi dan ketrampilan yang dimiliki peserta didik.

Akibat Pandemi Covid 19 terjadilah learning loss / kehilangan pembelajaran yang diartikan: peserta didik kehilangan pengetahuan dan ketrampilan baik umum atau khusus karena kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidak berlangsungnya proses pendidikan.

Peserta didik sudah terbiasa menggunakan android dalam pembelajaran secara online selama pandemi covid 19. Sehingga dengan proses pembelajaran normal sekarang ini, diperlukan teknologi dalam membantu peserta didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik sehiingga pendidikan dapat bangkit dari Learning Loss ( Kehilangan Pembelajaran). Dengan teknologi pembelajaraan yang terganggu akibat pandemin dapat segerag bangkit dan pulih kembali sesuai dengan inovasi pembelajaran Generasi Alpha dan Z bagi peserta didik kita. 

Kemdikbudristek mengeluarkan Platfrom Merdeka Mengajar untuk mengatasi learning loss. Guru-guru harus dapat mengetahui profil , kesiapan belajar , ketrampilan awal, karakter, gaya belajar dan kebutuhan peserta didik. Di Platfrom Mereka Mengajar guru dapat melakukan asesmen kognitif peserta didik dalam hal literasi dan Numerasi. Selain memberi asesmen diagnostik kognitif , guru juga harus memberi Asesmen Diagnostik non Kognitif dalam bentuk angket kebutuhan peserta didik, gaya belajar, minat, bakat dan lain. laim. Dengan memanfaatkan teknologi Platfrom Merdeka Mengajar dan Akun belajar.id dalam fitur google workspace for education, maka cara melakukan asesmen menjadi  lebih mudah, cepat dan efektif. 

Hasil dari asesemen diagnostik maka guru dapat melakukan pemetaan kebutuhan peserta didik dan gaya belajar dan minat dalam pembelajaran diferensiasi.  Dalam pembelajaran diferensiasi maka perlu adanya diferensasi produk, proses dan konten. Portal Rumah Belajar sangat efektif sebagai media pembelajaran diferensiasi. Guru-guru juga dapat belajar banyak dan berbagi praktik baik di Platform Merdeka Mengajar. Semoga pendidikan Indonesia bangkit kembali dan pulih dari pengaruh learning loss.

Salam Merdeka Belajar
Belajar Dimana saja, Kapan saja , Dengan Siapa saja
PMM : Belajar, Mengajar & Berkarya 
- Eunike Sinukaban , S.Psi- 
 

 

Komentar