Kuliah Pembatik Level 4 hari ke 4 dengan judul " Kiat Membangun Media Sosia Sosial Yang Sukses"
dengan nara sumber yang sangat hebat Bapak Wicaksono, siapa yang tidak kenal dengan beliau , pengelolah acount @ndorokakung, kali ini kita mendapat ilmu yang sangat bagus dan sangat dekat dengan kita sehari-hari yaitu sosial media.
Menurut hasil survey pada awal januari 2020, tercatat dari 272 juta penduduk indonesia sebanyak 64 % berkisar 175 juta penduduk indonesia menggunakan indonesia. terbayang kan sahabat di masa pandemi covid 19 ini dengan pembelajaran dan kegiatan online pasti jumlah pemgguna internet pasti bertambah.
Dari 171 juta penduduk Indonesia yang mngakses internet sebanyak 98 % mengakses internet dengan Handphone, jadi internet bukan lagi sesuatu yang asing tapi sangat dekat. Rata-rata penduduk indonesia menggunakan internet dengan handphone 4 jam 46 menit, bisa dibayangkan dengan anak muda zaman sekarang pasti bisa lebih dari 4 jam mengakses internet.
Bagaiman dengan penduduk indonesia diluar handphone yang meggunakan laptop/pc/tablet yaitu rata-rata 7 jam 59 menit., 3,5 jam dari itu digunakan untuk media sosial. Jadi zaman sekarang orang lebih lama mengakses internet dibandingkan menonton tv, terutama media sosial. Usia 18 - 34 tahun mendominasi penggunaan media sosial, jadi artinya usia produktif orang indonesi suka berkomunikasi dengan media sosial, jadi ini tantangan kita mengenal audiens membangun konten yang bagus dan layak untuk di Indonesia. Youtube menjadi platfrom media sosial yang paling banyak penggunanya sebesar 88 %.. Dari data tersebut kita bisa tau betapa besarnya orang menggunakan media sosial, selain konsumen juga sebagai produsen. .
Bagaiman meembangun kesuksesan di Media Sosial, menurut ndorokakung Wicaksono ada 2 elemen penting yaitu : 1. Strategi Konten, dan 2, Pemasaran.
1. Strategi Konten ;
- Memilih platform :
Kita harus memilih acount dari salah satu platform yang ada, Kalau kita punya kemampuan menulis pendek maka kita gunakan twiter, kalau kita punya kemampuan menulis panjang kita bisa mnggunakan blog, kalau kita memiliki kemampuan membuat video kita bisa memilih youtube ataupun instagram. jadi kita harus memilih platform yang sesuai dengan ketrampilan yang kita miliki.
- Optimasi Bio
Menjelasakan siapa diri kita, mengupload diri kita dengan memilih foto yang bagus , kita bisa menggunakan aplikasi memperbaiki foto profil kita menjadi lebih baik.
- Produksi : menulis, foto, video dan info grafis
\Memproduksi konten sesuai dengan ketrampilan kita, kita harus membuat konten
- Penjadwalan Posting
Kita harus menentukan jadwal posting kita, jam berapa rata-rata follower kita melihat konten kita dijam itulah kita memposting konten kita.
- Penyesuaian Alogoritma
Semua aktivitas kita di internet dicatat, aktivitas yang kita lakukan, di, suka dicatat oleh alogoritma jadi apa yang kita sukai maka alogorutma merekomendasikan apa yang yang kita skonten ataupun iklan. Jadi kita harus mempelajari alogoritma dan untungnya buat kita.
- Pemanfaatan tanda Pagar
Tanda pagar/has tag adala alat distribusi kita untuk memasarkan konten kita. jadi jika kita membuat konten kita jangan lupa membuat hastag agar lebih mudah dikenali di pasar yang sejenis dan gampang ditemukan orang lain.
2. Strategi Pemasaran
- Membangun Personal Branding
Membangun citra diri kita dimata orang lain, misalnya kita sama-sama guru SMA , tapi kita bisa membuat personal branding seperti guru yang lucu dan humoris. Untuk menarik perhatian orang lain kita harus bisa denga cara menjadi beda / unik dibanding guru-guru yang lain sehingga kita mudah dikenal orang lain.
- Optimasi akun media sosial
Membagi konten yang telah kita buat ke media sosial.
- Optimasi website/blog seo
Mengenali SEO , bagaimana cara kita membuat konten kita menjadi halaman pertama di acount googel / pencarian.
- Iklan
Membuat iklan biasanya digunakan perusahaan
- Email
Mengirim konten kita ke email-email kawan kita.
-Kolaorasi/affliate
Berkolaborasi dengan orang -orang penting/terkenal didalam memasarkan konten kita.
10 Kiat Membuat Media Sosial Menjadi Popular/Dikemal Orang Banyak
1. Tetapkan tujuan yang masuk akal
2. Menemukan target konsumen
3. Jadilah diri sendiri
4. Mencari dan meningkatkan jejaring yang aktif bukan hanya jumlah follower yang banya yang tidak aktif,
5. Membuat jadwal tutorial konten
6. Konten kita fokus membantu orang lain
7. Berinteraksi dengan orang lain di media sosial denga positif
8. Buat konten yang berbentuk visual yang menarik
9. Mempromosikan diri sendiri
10. Aktif sebagi produsen membuat kontendan sebagai konsumen, menghargai konten orangb lain
Demikian sahabat rumah belajar, materi kuliah pembatik level 4 di hari ke 4 yang saya peroleh, semoga bermanfaat bagi kita.
Salam Pembatik 2020
Salam Rumah Belajar
SRB SUMUT-EUNIKE SINUKABAN
Wow..complete penjelasannya...
BalasHapusMaksih beruku nd nangin
HapusMantap Bu terus lanjutkan
BalasHapusTerimakasih pak, masih proses belajar pak
HapusMantapp. Semangat terus menulisnya ibu
BalasHapusTerimakasih untuk motivasinya pak
HapusMantap bu
BalasHapusTerimakasih bu
HapusMantap Bu. Sangat menginspirasi.
BalasHapusTerimakasih bu
BalasHapus