"Kiat Menyusun Penulisan yang Menarik" - Asma Nadia (Kuliah Umum PembaTIK Level 4)


Halo sahabat rumah belajar pada Kuliah Umum Pembatik Level 4 hari ketiga   (16/09) kita bertemu dengan Bunda Asma Nadia Penulis Novel Best Seller di Indonesia. Pada Kesempatan ini beliau memberi materi kuliah yang sangat bagus yaitu  " Kiat Menyusun Penulisan Yang Menarik "
Penulis adalah profesi yang menarik, tidak ada diskriminasi bisa dilakukan siapa saja tanpa melihat fisik . Siapa saja bisa menjadi penulis tidak memandang fisik, tidak melihat tinggi badan, berat badan dan paras wajah. Penulis ada profesi yang sangat fleksibilitas waktu dan tempat bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Apapun profesi / pekerjaan kita saat ini kita bisa tetap menjadi penulis.

Perlukah Bakat untuk menulis ?
Menurut Asma Nadia, Bakat tidak berpengaru terhadap kemampuan menulis. Beliau sendiri merasa tidak memiliki bakat manulis sebelumnya.  Bakat hanya 5 % , keberuntungan 5 % mempengaruhi  dan yang paling utama adalah  kerja keras. Jika kita merasa tidak memiliki bakat jika kita mau berlatih terus menerus maka kita bisa menjadi penulis. 



Apakah alasan kuat kita menulis ?
Alasan kita yang kuat untuk menulis akan membantu kita mengatasi hambatan ketika kita menulis. Kita harus memiliki motivasi yang kuat didalam menulis. Jika kita mengalami buntu ditengah jalan ketika kita menulis tetapi jika kita memiliki motivasi yang kuat maka kita bisa lepas dari rasa buntu yang menggangu kita. Jadi kita harus mencari alasan yang kuat untuk menulis sehingga mau tidak mau kita menulis.  

Kita harus mencoba menulis  dimulai dari sosial media kita bisa menulis dengan tulisan  yang memotivasi setiap orang , kita buat sosial media berisi tulisan kita yang bermanfaat bagi orang lain.

Menurut " Asma Nadia " Menulis bagi beliau bukan sekedar ide bagus tetapi berawal dari keresahan dan kegelisahan yang dirasakan.  Buku sebagai kebutuhan bukan hiburan waktu luang, jadi kan buku yang kita buat menjadi kebutuhan semua orang dan bukan hiburan semata.



Menulis itu murni ketrampilan , Ketrampilan bisa dipelajari. jadi kita jangan menyerah dan bisa melatih diri kita menulis. 



Latihan menulis yang paling mudah adalah menulis pengalaman. Pilihlah pengalaman yang paling mengesankan, tidak terlupakan, paling menyedihkan dan menyakitkan. Karena pengalaman adalah kekayaan yang kitaerita  miliki yang tidak dimiliki orang lain. 





Kunci Tulisan Menarik :
1. Ide
-  Sesuatu yang baru dan tidak pernah / jarang diangkat
-  Dekat dengan Pembaca

2. Teknik Penyajian
- Judul : Menarik
- Konflik yang kuat
- Setting  : latar , waktu dan tempat yang menarik.
- Penokohan menarik : karakter yang kuat dan berbeda. 
- Bentuk cerita  : Apakah cerita kita mulai dari awal, tengah ataupun akhir
- Ending yang berkesan : ending yang menarik yang bisa diingat dan tidak dilupakan sehingga pembaca bisa memaafkan jika ada kesalahan yang dilakukan penulisan. 
Jadi kita harus banyak membaca dan mengamati semua buku yang kita baca dan pahami. 




Untuk sebuah buku agar menjadi menarik dan best seller:
1. Gagasan dan Isi menarik
2. Segmentaasi Jelas
3. Pembaca Perempuan
4. Sosok Buku : tidak boleh terlalu tipis atau kecil
5. Dibutuhkan
6. Waktu tepat
7. Promo : Perhatikan penerbitnya 
8. Sosial Media : Beri gambaran jelas tentang pemilik acount dari sosial media.
9. Pesan : memberi pesan yang sangat kuat mewakili suara suara orang disekitar kita yang tidak terdengar dan berdaya. 

Marilah sahabat rumah belajar kita mulai sekarang mencoba untuk menulis , melatih ketrampilan kita menulis dengan melatih diri kita terus mnerus kita bisa menjadi penulis yang baik. Siapun kita, apapun pendidikan kita, profesi pekerjaan kita , tanpa deskriminasi fisik kita semua bisa menjadi penulis yang andal. Carilah alasan kita untuk menulid dan motivasilah diri kita untuk menulis. 




Salam SRB SUMUT - Eunike Sinukaban
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia















Komentar