MARI KITA MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR


Salam Rumah Belajar ....

Halo sahabat Rumah Belajar dimana saja berada,

Pada saat ini saya akan mengulas Rumah Belajar, Apakah Portal Rumah Belajar itu ?

Portal Rumah belajar adalah portal yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru mulai dari tingkat Sekolah Luar Biasa (SLB),  Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar , kita dapat belajar dimana saja, kapan, saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.  Rumah belajar dapat di akses di https://belajar.kemdikbud.go.id/ 

Rumah Belajar memiliki beberapa fitur yang sangat bermanfaat yaitu:



A. Fitur Utama

1. Sumber belajar

Sahabat dapat mengunduh dan mengunggah konten di Sumber Belajar, baik konten berbentuk video, audio, pdf, maupun web. Sahabat dapat menggunakan akun Rumah Belajar atau Google atau Facebook. Sahabat dapat mengunduh dan mengunggah konten di Sumber Belajar, baik konten berbentuk video, audio, pdf, maupun web.  

2. Laboratorium Maya

Laboratorium maya bisa diguankan secara online maupun offline. Laboratorium maya memberikan kesempatan kepada guru ataupun siswa untuk  melakukan praktikum baik melalui internet secara langsung ataupun tanpa akses internet dengan cara mendownload aplikasi laboratorium maya sehingga guru ataupun siswa dapat menggunakan laboratorium maya ini dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. 

3. Bank Soal

Bank soal digunakan untuk melakukan evaluasi seperti latihan, ulangan, atau ujian. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai topik dan jenis evaluasi yang diinginkan

4. Kelas Maya

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui tool komunikasi sinkronous “Forum Diskusi”.

B. Fitur Pendukung

1. Buku Sekolah Elektronik

Fitur Buku Sekolah Elektronik berisi buku-buku digital semua jenjang Pendidikan, serta pengetahuan umum tentang Karya Bahasa dan sastra. Sahabat dapat mengunduh buku-buku digital dan memanfaatkannya secara offline. Fitur Buku Elektronik Interaktif dapat diakses melalui laman berikut:https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Peta Budaya 

Peta Budaya merupakan fitur yang berisi penjelasan sejarah, seni dan budaya, serta tradisi di setiap propinsi di Indonesia. Guna memudahkan siswa mempelajari budaya Indonesia, tersedia pula game “Next Doorland”. Game ini dikembangkan untuk memudahkan dalam mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia, dan sudah tersedia dalam versi android. Konten yang terdapat dalam fitur Peta Budaya dapat dibaca secara daring maupun luring. Peta budaya dapat di akses di https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/

3. Wahana Jelajah Angkasa

Wahana Jelajah Angkasa Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari system tata surya dan benda-benda ruang angkasa yaitu melalui fitur Wahana Jelajah Angkasa di Rumah Belajar. Halama ini dapat di akses di 

4.Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan / PKB 

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB Fitur PKB dapat Sahabat manfaatkan ketika mengikuti pelatihan secara daring. Fitur ini khusus buat bapak/ibu guru yang ingin melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Sahabat hanya perlu masuk dan mencari jenis pelatihan yang tersedia, kemudian mendaftar pada kelas pelatihan tersebut. Selanjutnya Sahabat menunggu verifikasi dari penyelenggara pelatihan agar dapat mengikuti aktivitas belajar secara daring.

5. EDU GAME

Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar. Fitur ini menyediakan beragama gim yang interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru dan orang tua. Permainan yang telah disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.  EDU GAME dapat di akses di : https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame

6. Karya Bahasa dan Sastra

Fitur karya basha dan sastra di Portal Rumah belajar memberikan banyak pilihan buku cerita yang disesuaikan dengan kebutuhan yang disesuaikan dengan minat dan baca anak-anak. Guru dan orangtua dapat memiliki berbagai judul buku yang sesuai dengan usia mereka. Fitur ini terdiri dari 3 konten yaitu :Prosa, Puisi dan Referensi. Fitur Karya bahasa dapat di akses di  https://belajar.kemdikbud.go.id/BahasaSastra/


C. Sumber Belajar Lainnya

1. Radio Edukasi Radio Edukasi 

Radio Edukasi merupakan web pembelajaran berbasis audio yang dikembangkan oleh BPMRPK (Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudyaan),menanggapi hal-hal yang terkait dengan Rumah Belajar. BPMRPK telah mengembangkan model pembelajaran berbasis audio untuk jenjang PAUD, SD, SMP, Guru, dan Tunanetra. Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap, silahkan Sahabat kunjungi web Radio Edukasi dengan mengklik tautan yang ada di Rumah Belajar, atau ketik laman: https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/

2.  M-edukasi 

M-edukasi merupakan web pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK (Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan), yang berlokasi di kota Semarang. BPMPK telah mengembangkan ribuan konten multimedia pembelajaran dan dapat diunduh melalui laman: https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/.

3. TV Edukasi 

Televisi Edukasi merupakan salah satu layanan Pendidikan yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud. Pada laman ini tersedia video pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara offline (luring) serta siaran televisi yang dapat disaksikan secara langsung atau live streaming. Laman TV Edukasi dapat diakses melalui alamat: http://tve.kemdikbud.go.id

4.  PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) 

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS.


Ayo semua Sahabat, Bapak/Ibu Guru, siswa/i mari kita gunakan Portal Ru mah Belajar

Belajar dimana saja

Kapan saja

Dengan siapa saja


SALAM SRB SUMUT 2020

Eunike Sinukaban, S.Psi


Komentar

  1. Seperti ini ya contoh isi blog..
    Saya mau belajar... Narasinya bagus.. Ajari saya vya.. 💐💐💐

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ibu/bapak, saya juga masih belajar dan saling mengajari kita ya pak/bu..

      Hapus
  2. Keren ibu. Tetap semangat. Ditunggu artikel keren lainnya.

    BalasHapus
  3. Mantap bu... Lanjut dan ttp semangat.

    BalasHapus
  4. mantaf blognya bu. porsi lengkap tentang rumah belajar.

    BalasHapus

Posting Komentar