265 GURU BK MENGIKUTI SOSIALISASI PORTAL RUMAH BELAJAR / SOSIALISASI KE 4 (TATAP MAYA)

   (Rekaman Webinar dengan Zoom Meeting)

Halo Sahabat Rumah Belajar,

Pada sosialisasi ke 4 saya  ini, saya membuat webinar dengan tujuan mensosialisasikan dan mengajak Guru BK menggunakan Portal Rumah Belajar dan mengajak  Guru BK untuk ikut serta didalam PembaTIK dan mengisi konten Layanan BK di Portal Rumah Belajar.

Pendidikan karakter adalah tonggak dari terbentuknya pondasi generasi muda bangsa yang kuat dan berintegritas sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Layanan BK sangat diperlukan dan diperbanyak di Portal Rumah Belajar. Dari hasil pengamatan saya konten layanan BK di Portal Rumah Belajar sangat kurang dan hanya ada satu saja. Oleh karena itu sangat diperlukan kerjasama Guru BK didalam mengisi konten Layanan BK di Portal Rumah Belajar. Sehingga kami SRB BK dari Sumatera Utara, Jawa Barat dan Bengkulu sangat termotivasi untuk mengisi sumber belajar di Portal Rumah Belajardengan konten-konten BK yang bermanfaat. Atas dasar ini kami membuat webinar untuk Guru BK dari Sabang sampai Marauke untuk mengisi Portal Rumah Belajar.

Sebelum melaksankan webinar kami membuat persiapan yang matang dengan membuat grup untuk kami berempat SRB BK yaitu : 

Eunike Hanna Apriani S, S.Psi : SRB Sumatera Utara

Saprida Yani : SRB Sumatera Utara

Dodi Aidil C, S.Pd.I : SRB Bengkulu

Nur Fajrinah, S.Pd : SRB Jawa Barat

Hasil dari musyawarah kami , kami menentukan hari dan tanggal pelaksanaan pada : Senin 12 Oktober 2020, Jam 15.00 Wib. Kami mengambil tema webinar kami dengan judul ; SRB GURU BK BERBAGI BERSAMA RUMAH BELAJAR. Mengambil konsep SRB BK Berbagi maka kami termotivasi juga untuk membagikan Aplikasi BK dan RPL BK, dengan tujuan saling berbagi dan melengkapi layanan BK di sekolah masing-masing.

Untuk mengundang guru BK agar menjadi peserta webinar saya membuat flayer yang akan digunakan untuk mengundang Guru BK ikut serta dalam Webinar ini. Saya juga membuat daftar hadir peserta webinar ini

(Gbr 1 : Flayer)

Saya  mengshare flayer di grup wa MGBK SUMUT, Grup BK di facebook seperti : MGBK Nasional, E-Learning BK, Abkin, Guru BK Milenial dan lain.lain. Berkat Postingan yang saya share di grup BK dalam 2 jam terkumpul peserta lebih dari 250 orang dan masuk kegrup peserta Webinar SRB BK Berbagi.Peserta yang sangat banyak dan antusias mengikuti webinar ini maka kami yang tadi nya menggunakan Zoom Free/Gratis kapasitas 100 berubah menjadi menggunakan Zoom  Premium untuk 300 orang.







(Gbr 2-7 ; share flayer ke grup guru BK di  wa dan facebook) 

Pada Pelaksanaan Webinar SRB Guru BK Berbagi Bersama Rumah Belajar ada 265 guru  yang berasal dari Sabang samapai Marauke. Daftar hadir peserta selengkapnya  dapat dilihat di : Peserta Webinar SRB Guru BK




Gbr 8,9,10,11,12 : Dafta Hadir Pesrta Webinar)

Profesi pekerjaan yang ikut serta dalam kegiatan webinar ini : 95,8 % diikuti  Guru BK dan selebihnya diikuti kepala sekolah, konselor, dosen dan mahasiswa. Sehinga dari diagram ini dapat kita lihat 
semangat dari Guru BK di seluruh Indonesia untuk mengikuti  webinar ini agar dapat menambah ilmu dalam inovasi Layanan Bimbingan Konseling.

Gbr 3 : Diagram Profesi Peserta Webinar

Pada kegiatan webinar ini , 4 SRB mempunyai tugas masing-masing, 3 Narasumber dan 1 Moderator yakni;
Eunike Hanna Apriani S,S.Psi (SRB Sumatera Utara) : Sosialisasi Rumah Belajar dan Fitur-Fiturnya.
Dodi Aidil C, S.Pd.I (SRB Bengkulu ) : Kelas Digital/Maya
Nur Fajrinah, S.Pd (SRB Jawa Barat) : Seni dalam Layanan BK
Saprida Yani  (SRB Sumatera Utara) : Moderator

Dalam Kegiatan webinar ini, peserta sangat aktif mendengarkan dan bertanya karena Guru-guru BK ini sangat antusias untuk mengisi Fitur Sumber Balajar di Portal Rumah Belajar dengan konten-konten Layanan Bimbingan Konseling. Keinginan guru BK untuk meningkatkan Karakter Siswa memotivasi guru BK untuk menggunakan portal Rumah Belajar dan mengisi Konten Portal Rumah Belajar dengan Konten Layanan BK. Peserta juga sangat antusias untuk mengikuti Diklat PembaTIK agar Guru-Guru BK ini semakin berinovasi didalam memberi layanan BK.




 (Gbr 4 : Zoom Meeting) 

Dengan pelaksanaan Webinar SRB Guru BK  Berbagi Bersama Sahabat Rumah Belajar yang dilaksanakan oleh 4 orang SRB BK ini, diharapkan ke depannya semakin banyak Guru BK mengikuti Diklat PembaTIK dan Semakin banyak  konten-konten BK yang terisi di Portal Rumah Belajar sehingga :Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh Guru BK didalam memberi layanan BK yang terus berinovasi.  

Terimakasih kepada seluruh Sahabat Rumah Belajar Guru BK diseluruh Indonesia atas keikutsertaanya didalam mengikuti sosialisai Portal Rumah Belajar. Semoga Portal Rumah Belajar semakin membumi dan dikenal dan digunakan oleh semua orang.


Salam Rumah Belajar
Eunike Hanna  Apriani S.S,Psi
SRB SUMATERA UTARA 2020






Komentar