Inovasi Layanan Bimbingan Konseling Bagi Generasi Z dan Alpha Melalui Pemanfaatan Portal Rumah Belajar /Tugas Refleksi Pembelajaran Modul 13

 


Pada era industry 4.0 peran layanan Bimbingan dan Konseling sangat diperlukan bagi generasi  bangsa  untuk menciptakan generasi yang berkarakter baik dan berintegritas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.  Tujuan pendidikan nasional menurut UU No.20 Tahun 2003 ialah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat , berilmu , cakap, kreatif , mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

( Gbr 1 : Generasi Z)

Generasi siswa yang kita bimbing sekarang adalah generasi Z dan Alpha. Generasi Z lahir setelah 1995-2010 dan dianggap sebagai masa depan ekonomi global. Generasi Z lahir ditengah munculnya social media yang berkembang pesat dan kegiatan ekonomi yang dilakukan secara online hanya dengan sekali mengklik maka semua transaksi bisa dilakukan. Geneerasi A atau Alpha adalah generasi yang lahir setelah tahun 2010. Mereka adalah kaum terdidik, lebih terdidik daripada Generasi Z, lebih akrab dengan teknologi, dan jadi generasi paling sejahtera. Generasi  Z dan Alpha adalah generasi yang tidak bias terlepas dari teknologi, Gadget sudah berdifusi didalam diri mereka.

Peran layanan Bimbingan Konseling sangat diperlukan didalam membentuk karakter generasi Z dan Alpha ini, Layanan bimbingan konseling tidak cukup dilakukan secara konvensional, didalam memberi layanan individu, kelompok dan klasikal perlu melakukan perubahan dengan melakukan Inovasi didalam layanan Bimbingan dan Konseling.



Guru BK harus bias  berinovasi didalam memperkuat karakter generasi  bangsa. Guru BK harus menjadi guru yang berinovasi dalam menyampaikan layanan informasi.  Kita harus bisa memberikan layanan BK yang kreatif dan menarik.

Salah satu cara untuk  memberikan layanan Bimbingan Konseling yang Inovatif dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar. Siswa/I akan tertarik didalam belajar dengan menggunakan aplikasi Rumah Belajar yang bias mereka download di android mereka masing-masing.



Memanfaatkan fitur sumber belajar yang ada di Portal Rumah Belajar, menjadi salah satu cara guru BK untuk berinovasi. Kita bisa mengisi konten di Sumber  Belajar dengan video pembelajaran dan multimedia Interaktif. Siswa akan memiliki pengalaman baru dan menarik bagi mereka jika materi layanan BK dikemas dalam Konten video  dan multimedia interaktif dan dapat mereka akses dimana saja, kapan saja , dengan siapa saja.

                                         (Gbr : Membantu mendaftar di Portal Rumah Belajar)



                                                   (Gbr 3 : Belajar Bersama Rumah Belajar)

Selain itu kita bisa menggunakan Kelas Digital/Maya yang ada di Portal Rumah Belajar untuk memberi layanan klasikal dan kelas besar didalam menyampaikan layanan informasi, orientasi, peminatan dan lain-lain. Terutama dimasa Pandemi  covid -19 dimana kita tidak bisa memberikan layanan klasikal dan kelas besar secara langsung tetapi dengan memanfaatkan kelas digital di Portal Rumah Belajar kita bisa melakukannya.

Salam Rumah Belajar

Eunike Hanna Apriani S,S.Psi

SRB Sumatera Utara 2020

Komentar