TUGAS VLOG LEVEL 4 PEMBATIK, PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR DALAM INOVASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

 


TUGAS VLOG LEVEL 4 PEMABTIK 2020

Halo Sahabat Rumah Belajar,
Di era indstri 4,.0 teknologi berkembang dengan sangat cepatnya, siswa-siswa kita adalah siswa yang berasal dari generasi Z dan Alpha. Mereka adalah generasi yang tidak bisa lepas dari teknologi. Gadget adalah bagian dari siswa/siswi kita.

Pendidikan karakter sangat diperlukan di era industri 4.0 ini, Peran guru Bimbingan dan Konseling sangat besar pada peningkatan karakter siswa. Guru Bimbingan Konseling di harapkan dapat memberi layanan BK yang terus berinovasi.

Masih banyak guru BK yang belum memiliki jam tatap muka ketika memberi layanan klasikal. Terutama di pandemi covid 19 ini, pembelajaran dilakukan secara jauh. Keadaan ini menjadi tantangan yang sangat besar bagi guru bimbingan konseling.

Sebagai guru bimbingan konseling kita tidak boleh menyerah dengan keadaaan. Kita harus terus berinovasi didalam memberikan layanan bimbingan konseling. Portal Rumah Belajar dapat kita manfaatkan di dalam menghadapi tantangan ini. Walaupun kita tidak memiliki jam tatap muka disekolah kita bisa memanfaatkan Portal Rumah Belajar.
(Gbr 1 : Fitur Sumber Belajar)

Sebagai guru bimbingan konseling saya  melakukan inovasi layanan Bimbingan Konseling  dengan memanfaatkan  Portal Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar adalah aplikasi pembelajaran yang dikeluarkan oleh kemendikbud. Portal ini dapat diakses gratis. Portal ini berisi fitur-fitur yang sangat bagus dan bermanfaat.

(Gbr 2 : Konten Video Pembelajaran saya di Rumah Belajar)

Saya memanfaatkan sumber belajar yang ada di portal Rumah Belajar. Banyak konten-konten video pembalajaran dan multimedia yang bisa kita manfaatkan/ Saya memanfaatkan video pemebelajaran yang ada di sumber belajar. Video pembelajaran ini dapat di unduh ataupun kita bagikan ke grup pembelajaran kita.

Saya membuat video pembelajaran, dan mengunduhnya ke Portal rumah Belajar, setelah itu saya membagikannya ke siswa dan siswa bisa menyaksikan video pembelajaran  yang bisa mereka akses dengan gratis dan hemat kuota internet.

Semoga layanan bimbingan konseling kita dapat terus berinovasi dengan tantangan era industri 4.0 dan inovasi layanan bimbingan konseling dapat diterima dan bermanfaat bagi siswa kita.

#PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK

Salam Rumah Belajar
Eunike Hanna Apriani S, S.Psi
SRB-SUMUT 2020




Komentar

Posting Komentar