Inovasi Praktik Baik Pembelajaran Bersama Rumah Belajar | Sosialisasi Rumah Belajar Ke 6


Salam Rumah Belajar,

Pada saat ini saya akan berbagi pengalaman saya melakukaan penyegaran fitur-fitu rumah belajar dan inovasi praktik baik terintegrasi rumah belajar disekolah saya sendiri SMKN 1 PANGKATAN. Sekolah saya, sudah setahun yang lalu semenjak pandemi covid 19 memanfaatkan portal rumah belajar. JIka ada maateri sumber belajar diportal rumah belajar maka guru-guru disini menggunakannya sebagai sumber tambahan kepada siswa. Langkah awal yang saya lakukan meminta izin kepada kepala sekolah kami Bapak Muktharuddin Sam, S.Pd untuk melakukan pelatihan peningkatan kompetensi guru disekolah kami. Bapak Kepala Sekolah sangat mendukung atas peningkatan dan pengembangan kompetensi guru disekolah kami. Setelah itu saya meminta tolong kepada wakil - wakil kepala sekolah , untuk membantu pelaksanaan kegiataan sosialisasi rumah belajar. 

(Gambar 1 : Flyer )

(Gambar 2 : Sambutan dari Kepala SMKN 1 Pangkatan )

Senin 8 Nopember 2021, saya melakukan penyegaran fitur-fitur rumah belajar dan membuat rpp hyperdoc dan komik pembelajaran terintegrasi rumah belajar. Saya melakukan penyegaran sosialisasi dirumah belajar karena banyak guru baru disekolah kami, dan guru-guru banyak yang mengalami kesulitan mendaftar dirumah belajar, lupa pasword dan kesulitan mendaftar di kelas maya.
                        ( Gambar 3 : Guru SMKN 1 PANGKATAN, sedang mengikuti pelatihan )

Pada kesempatan ini saya, membantu guru-guru yang lupa pasword dan tidak tau bagaimana cara mendapat pasword baru. Saya membantu guru-guru mendaftar di portal rumah belajar dengan akun belaajr.id agar pasword mereka kedepannya lebih gampang diingat karena sudah terintegrasi dengan akun belajar.id
                         ( Gambar 4 : Sambutan dari Moderator Wakil Kepala Sekolah Kurikulum )

Pada kegiatan ini saya membantu guru-guru untuk mendaftar di kelas maya dan mengajarkan bagaimana cara membuat kelas,  materi, kuis dan evaluasi di kelas maya. Untuk sumber belajar di portal rumah belajar, memang sangat sedikit bahkan kurang di portal rumah belajar. Oleh karenanya saya mengajak guru-guru disekolah saya untuk mengisi video pembelajaran di sumber belajar rumah belajar. 

Saya juga mengenalkan PembaTIK kepada rekan -rekan guru saya, manfaat mengikuti diklat PembaTIK . Disekolah saya ada 4 orang termasuk saya yang mengikuti diklat PembaTIK. Oleh karenanya saya mengajak rekan - rekan guru mengikuti diklat PembaTIK agar kita guru-guru SMK bisa tau bagaimana cara mengisi sumber-sumber belajar dirumah belajar.

Selain mengenalkan fitur-fitur rumah belajar, saya juga mengajarkan guru-guru disekolah saya bagaimana cara membuat RPP Hyperdoc terintegrasi Portal Rumah Belajar dan bagaimana cara membuat komik pembelajaran dengan canva for education yang bisa terintegrasi ke sumber belajar Portal Rumah Belajar.
( Gambar 4 : Guru-Guru Mendownload Aplikasi Rumah Belajar )

Dengan kegiatan berbagi praktik baik ini, saya berharap komptensi guru-guru disekolah kami terus terupdate dan bisa di berikan kepada siswa-siswa disekolah kami. Kegiatan peningkatan kompetensi guru ini, tidak berakhir disini saja. Pada Minggu ke dua Desember, kami akan berkumpul kembali untuk peningkatan kompetensi guru dan membahas lebih banyak lagi Inovasi Pembelajaran yang terintegrasi dengan Portal Rumah Belajar.

Salam Rumah Belajar,

Belajar Dimana Saja, Kapan saja, Dengan siapa saja

Salam SRB SUMUT 2021

Eunike Hanna Apriani Sinukaban, S.Psi


Komentar