Pelatihan Akun belajar.Id Terintegrasi Paltform Merdeka Mengajar & Portal Rumah Belajar

 
( Gambar 1 : Flyer Kegiatan )

Salam Rumah Belajar,

Pada kegiatan ini saya dihubungi oleh KepalaSMP SWASTA METHODIST AEKNABARA. hal ini karena sekolah ini akan mendapat bantuan laptop chrome book dari Direktorat SMP. Hal ini menjadi latar belakang kepala sekolah mengundang saya untuk memberi pelatihan akun belajar dan pemanfaatan akun belajar.id dalam pembelajaran yang terintegrasi dengan Rumah Belajar dan Platfrom Merdeka Mengajar. 
( Gambar 2 : Foto bersama Kepala dan Guru SMP Swasta Methodist Aekanabara )

Pada Kesempetan ini saya menjelaskan bagaimana aktivasi akun belajar.id, mereset pasword, mendapat akun bagi yang belum mendapat akun dll. Setelah semua guru merndapat akun belajar.id dan mengaktifkanakun belajar id, saya berbagi praktek baik dalam pemanfaatan fitur-fitur Google Workspsce Education. Saya berbagi praktek baik dalam hal pemanfaatan drive, google dokumen dan  google slide dalam pembelajaran. Saya berbagi praktek baik dari kelebihan pemanfaatan fitur ini dibanding dengan aplikasi yang lain. sehingga dengan menceritakan dan berbagi praktek baik diharapkan guru-guru mengetahui kelebihan dari akun belajar.id ini sehingga mereka menjadi mencintai akunnya dan memanfaatkannya dalam pembelajaran.

Pada kegiatan ini saya juga menjelaskan dan berbagi tentang penggunaan Platform Merdeka Mengajar,  menghimbau guru untuk login dan mendownload aplikasinya diandroid masing-masing. Saya berbagi fitur -fitur PMM dan cara menggunakannya,: Fitur-fitur asesmen murid, perangkat ajar, pelatihan mandiri, komunitas, bukti karya dan video inspirasi .

Saya juga berbagi pemanfaatan Portal Rumah belajar dalam inovasi pembelajaran. Saya berbagi bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang ada dirumah belajar. Bagaimana cara akses di Sumber belajar, kelas Maya, Laborotarium maya dan Bank Soal. 

Dari kegiatan ini, para guru  sangat senang mendapat ilmu yang belum pernah mereka dapat. Guru-guru menjadi tau kelebihan dari pemanfaatan akun belajar dengan integrasi Rumah Belajar. Kepala sekolah pun akan mengundang saya kembali datang kesekolah memberi pelatihan ketika bantuan laptop chrome book tiba diskeolah. 

Demikan sahabat rumah baik, praktik baik saya bersama dengan guru-guru SMP Swasta Methodist Aekanabara. Sampai ketemu lagi Sahabat. 

Belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja
PMM : Belajar, Mengajar dan Berkarya.
Salam Merdeka Belajar
- Eunike Sinukaban, S.Psi -

Komentar