KOMUNIKASI YANG EFEKTIF KEPADA PIMPINAN DALAM MENSUKSESKAN INOVASI PEMBELAJARAN / TUGAS REFLEKSI MODUL 15



Dalam membangun sebuah team work yang baik diperlukan komunikasi yang efektif
  dalam tim tersebut. Komunikasi yang baik dapat membangun kekuatan sebuah tim, sedangkan komunikasi yang buruk dapat menghancurkannya.  Kerja tim adalah kemampuan untuk bekerja sama menuju satu visi yang sama, kemampuan mengarahkan pencapaian individu kearah sasaran organisasi.

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam membangun komunikasi yang efektif dengan cara membangun  kepercayaan. Kepercayaan yang dibangun denga kuat akan membuat komunikasi antar anggota tim menjadi lebih terbuka sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat diraih dengan mudah.

Cara kita membangun komunikasi yang efektif adalah :

1. Visi dan misi harus jelas dan mendapat dukungan dari seluruh anggota tim

2. Memilih orang-orang yang kompoten dan menempatkannya dalam perannya masing-masing. 

3. Memanfaatkan Teknnologi : memanfaatkan teknologi yang sangat  berkembang saat ini dengan memanfaatkan social media seperti whatsup, facebook, instagram, youtube , twitter  dalam memperluas jaringan dan membangun komunikasi yang efektif.





Dalam melakukan inovasi pembelajaran agar bisa diterima dan di gunakan orang banyak, kita harus berkerjasama dengan dinas pendidikan, birokat dan kepala sekolah tempat kita bekerja.

Kita harus menyampaikan latar belakang dan tujuan inovasi kita dengan jelas dan  manfaat yang akan diterima dari inovasi pembelajaran yang kita lakukan.  Dengan tujuan yang jelas maka inovasi yang ingin kita sampaikan dapat diterima oleh kepala dinas/pimpinan kita dan mendapat dukungan dari merekan

Kerjasama antar tim dengan mendatangi kepala dinas ataupun birokat menjadi kunci dasar dalam suksesnya kita mencapai visi dan misi kita didalam melakukan inpovasi pembelajaran.

 (Gbr : SRB SUMUT  MENDATANGI KANTOR KACABDIS  RANTAUPARAPAT)

Denga strategi yang tepat  dalam tim untuk menyampaikan inovasi pembelajaran akan mendapat dukungan yang kuat dari Dinas pendidikan/biroka/organisasi, sehingga kita dengan mudah mensosialisasikan  inovasi kita didalam pembelajaran dan diterima oleh masyrakat sepenuhnya.

Komentar