TRIK ASYIK BDR BERSAMA RUMAH BELAJAR / SOSIALISASI KE 8

( Video : Rekaman Webinar ) 

Halo Sahabat Rumah Belajar

Sabtu 17 Oktober, kami Sahabat Rumah Belajar melaksanakan webinar Parade Rumah Belajar kolaborasi Sahabat Rumah Belajar Sumatera Utara - Bangka Belitung - Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilaksanaka oleh 9 Sahabat Rumah Belajar dan di dukung oleh Duta Rumah Belajar Bangka Belitung 2017 Ibu  Ismi Efriyanti dan Duta Rumah Belajar Sumatera Utara 2018  Bapak Paul Sihotang.

(Gbr 1 : Flayer)

Persiapan yang kami lakukan sebelum melakukan webinar adalah : Membagi tugas materi yang akan dibagikan kepada para peserta. Adapun tugas masing-masing dari Sahabat Rumah Belajar ini adalah sebagai berikut : 

  1. Eunike Hanna Apriani S,S.Psi (SRB SUMUT ) : Sosialisasi PembaTIK
  2. Nur Sakinah Syam (SRB SULSEL) : Pemanfaatan Sumber Belajar
  3. Rini Natalia Gultom (SRB BABEL) : Pemanfaatan Lab Maya
  4. Awaliyah (SRB SULSEL ) : Pemanfaatan Peta Budaya
  5. Sorta C I Panjaitan ( SRB SUMUT ) : Belajar sambil bermain dengan EDUGAME
  6. Roni Antonius Sitanggang (SRB SUMUT ) : Pemanfaatan Kelas Maya
  7. Lucia Sihombing (SRB SUMUT ) : Pemanfaatan Rumah Belajar dengan memanfaatkan dengan model pembelajaran SOLE
  8. Sarma H.Sirait : Belajar dari Rumah Dengan Memanfaatkan Fitur Bank Soal
  9. Yenny Puspita Saragih (SRB SUMUT) : Moderator 
Untuk mempersiapakan kegiatan saya membuat Virtual Background yang akan kami gunakan ketika melaksanakan webinar. Saya juga membuat link daftar hadir dengan menggunakan googel form.

( Gbr 2 : Virtual Back Ground )

Saya memberitahukan dan mengajak guru-guru untuk terlibat dalam webinar ini dengan mengundang mereka melalui grup-grup yang ada di wa, facebook dan instagram. Saya menyebarkan flayer yang telah kami buat ke grup-grup sosial media guru.





( Gbr 3, 4, 5, 6 : Penyebaran Flayer ke  Sosial Media )


Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu 17 oktober jam 13.00 - 17.00 wib. Webinar ini dihadiri oleh 144 guru yang berasal dari semua daerah dari Sabang sampai Marauke. Daftar hadir peserta bisa dilihat di :  







( Gbr 7,8,9,10,11,12,13 : Daftar hadir peserta webinar )

Peserta webinar berasal dari 94,4 % profesi Guru sisanya berasal dari profesi dosen, mahasiswa, perawat dan kepala sekolah. 
(Gbr 14 : Diagram profesi peserta webinar)

Pada kegiatan webinar ini saya menyampaikan sosialisasi PembaTIK dimana saya mengenalkan PembaTIK bagi peserta karena banya peserta yang ingin ikut serta menjadi Sahabat Rumah Belajar. Saya menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilewati dari tahapan level 1 hingga level 4 dan Duta Rumah Belajar.
(Gbr 15 : Biodata )

(Gbr 16 : Persentasi Materi)

(Gbr 17 : Materi Sosialisasi PembaTIK)

Dari kegiatan webinar ini, semua peserta merasa puas dengan kegiatan yang dilaksanakan. Peserta sangat puas karena mereka dapat materi pembelajaran yang inovatif dan inspiratif serta dapat mereka terapkan dalam pembelajaran mereka dengan menggunakan Portal Rumah Belajar.




(Gbr 18, 19,20,21,22,23 : Peserta Webinar)

Semoga kegiatan ini berguna dan semakin banyak guru-guru dalam memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam melakukan inovasi pembelajaran.


Salam Rumah Belajar
Eunike Hanna Apriani, S.S.Psi
SRB SUMATERA UTARA

Komentar